Menurut Aaker dalam Rangkuty
(2002, hal: 39), ekuitas merek adalah seperangkat aset dan liabilitas merek
yang berkaitan dengan suatu merek, nama dan simbolnya yang mampu menambah atau
mengurangi nilai yang diberikan oleh sebuah barang atau jasa kepada perusahaan
atau kepada pelanggan perusahaan.
Ekuitas merek berhubungan
dengan nama merek yang dikenal, kesan kualitas, asosiasi merek yang kuat, dan
aset-aset lainnya seperti paten, dan merek dagang. Jika pelanggan tidak
tertarik pada satu merek dan membeli karena karakteristik produk, harga,
kenyamanan, dan dengan sedikit mempedulikan merek, kemungkinan ekuitas merek
rendah. Sedangkan jika para pelanggan cenderung membeli suatu merek walaupun
dihadapan pada para pesaing yang ditawarkan produk yang lebih unggul, misalnya
dalam hal harga dan kepraktisan, maka merek tersebut memiliki nilai ekuitas
yang tinggi (Astuti dan Cahyadi, 2007:146).
Pengertian Ekuitas Merek