Menurut David A.Aaker
(1997), persepsi kualitas merupakan persepsi konsumen terhadap keseluruhan kualitas
atau keunggulan suatu produk atau jasa layanan yang sama dnegan maksud yang
diharapkannya. Persepsi kualitas adalah salah satu kunci dimensi ekuitas merek.
Terdapat lima nilai yang
dapat menggambarkan nilai-nilai dari persepsi kualitas Durianto dalam Pramono
(2011) yaitu sebagai berikut:
a.
Alasan untuk membeli
Persepsi kualitas yang baik
dapat membantu periklanan dan promosi yang dilakukan perusahaan menjadi lebih
efektif, yang akan terkait dengan keputusan pembelian oleh konsumen.
b.
Diferensiasi atau posisi
Persepsi kualitas suatu
merek akan berpengaruh untuk menentukan posisi merek tersebut dalam persaingan.
c.
Harga optimum
Penentuan harga optimum yang
tepat dapat membantu perusahaan untuk meningkatkan persepsi kualitas merek
tersebut.
d.
Minat saluran distribusi
Pedagang akan lebih menyukai
untuk memasarkan produk yang disukai oleh konsumen, dan konsumen lebih menyukai
produk yang memiliki persepsi kualitas yang baik.
e.
Perluasan merek
Persepsi kualitas yang kuat
dapat dijadikan sebagai dasar oleh perusahaan untuk melaksanakan kebijakan
perluasan merek.
min tolong donk daftar pusaka nya
ReplyDeletemin minta source sama daftar pustakaya bolehh? makasih
ReplyDelete