Keputusan untuk membeli yang diambil oleh pembeli itu sebenarnya merupakan kumpulan dari sejumlah keputusan (Kotler, 2004). Menurut Semuel (dikutip dari Schiffman dan Kanuk, 2004, hal: 547) keputusan pembelian adalah pemilihan dari dua atau lebih alternatif pilihan yang ada,
Setiap keputusan membeli mempunyai suatu
struktur sebanyak tujuh keputusan (Basu Swastha, 1996), meliputi:
a.
Keputusan tentang jenis produk
Konsumen dapat mengambil
keputusan untuk membeli suatu jenis produk atau menggunakan uangnya untuk
tujuan tertentu.
b.
Keputusan tentang bentuk produk
Konsumen dapat mengambil
keputusan untuk membeli bentuk produk tertentu.
c.
Keputusan tentang merek
Konsumen harus mengambil
keputusan tentang merek aman yang akan dibelinya karena setiap merek memiliki
daya tarik dan perbedaan-perbedaan tersendiri.
d.
Keputusan tentang penjualnya
Konsumen harus mengambil
keputusan dimana produk akan dibeli termasuk di dalamnya, yaitu tentang lokasi
produk tersebut dijual.
e.
Keputusan tentang jumlah produk
Konsumen dapat mengambil
keputusan tentang seberapa banyak produk yang akan dibelinya pada suatu saat.
f.
Keputusan tentang waktu pembelian
Konsumen dapat mengambil
keputusan tentang kapan ia harus melakukan pembelian.
g.
Keputusan tentang cara pembayaran
Konsumen harus mengambil
keputusan tentang model atau cara pembelian produk yang dibeli, apakah secara
tunai atau cicilan.
Kotler
(1996) mengungkapkan bahwa seorang mungkin dapat memiliki peranan yang
berbeda-beda dalam setiap keputusan pembelian. Berbagai peranan yang mungkin
terjadi antara lain sebagai berikut:
1. Pengambil inisiatif (initiator), yaitu orang yang
pertama-tama menyarankan atau memikirkan gagasan membeli produk atau jasa
tertentu.
2. Orang yang mempengaruhi (influence), yaitu orang yang
pandangan atau nasihatnya diperhitungkan dalam membuat keputusan akhir.
3.
Pembuat keputusan (decider), yaitu seorang yang akan
menentukan keputusan mengenai produk yang akan dibeli, cara pembayaran, dan
tempat melakukan pembelian.
4.
Pembeli (buyer), yaitu seseorang yang melakukan
pembelian.
5. Pemakai (user), yaitu seseorang atau beberapa orang
yang menikmati atau memakai produk atau jasa.
Pengertian Keputusan Pembelian