Publisitas adalah
berbagai program untuk mempromosikan dan/atau melindungi citra perusahaan atau
masing-masing produknya.
Pengertian
publisitas dan hubungan masyarakat menurut William
J. Stanton yang dikutip oleh pratistie :
J. Stanton yang dikutip oleh pratistie :
“publisitas adalah
sejumlah informasi tentang seseorang, barang, atau organisasi yang disebarluaskan
ke masyarakat melalui media tanpa dipungut biaya, atau tanpa pengawasan dari
sponsor.”
“hubungan
masyarakat adalah fungsi manajemen yang memberikan penilaian tentang sikap
masyarakat, identitas kebijaksanaan dan prosedur dari individu atau organisasi
dengan keinginan masyarakat, dan melakukan program tindakan untuk mendapatkan
pengertian serta pengakuan masyarakat.”
Daya tarik
hubungan masyarakat dan pemberitaan didasarkan pada tiga sifat khusus :
(Kotler: 2002: 644)
1. Kredibilitas yang
tinggi
Cerita dan kisah
yang baru akan lebih otentik dan dapat dipercaya dibandingkan dengan iklan.
2. Kemampuan
menangkap pembeli yang dibidik sebelumnya
Hubungan
masyarakat dapat menjangkau banyak calon pembeli yang cenderung menghindari
wiraniaga dan iklan.
3. Dramatisi
Hubungan
masyarakat memiliki kemampuan mendramatisi suatu perusahaan atau produk
Pengertian Publisitas atau Hubungan Masyarakat (public relation)