Thursday, September 26, 2013

Pengertian & Manfaat Promosi Penjualan

Promosi penjualan adalah berbagai insentif jangka pendek untuk mendorong keinginan mencoba atau membeli suatu produk atau jasa secara lebih cepat dan atau lebih besar oleh konsumen atau pedagang. Berbagai alat promosi penjualan seperti sampel, kupon, hadiah, bonus, garansi produk, dan lain-lain.

Alat-alat dalam promosi penjualan memberikan tiga manfaat yang berbeda : (Kotler: 2002: 644) 

  • Komunikasi : promosi penjualan menarik perhatian dan biasanya memberikan informasi yang dapat mengarahkan konsumen ke produk bersangkutan. 
  •  Insentif : promosi penjualan menggabungkan sejumlah kebebasan, dorongan, atau kontribusi yang memberi nilai bagi konsumen. 
  • Ajakan : promosi penjualan  merupakan ajakan untuk melakukan transaksi pembelian sekarang. 

Promosi penjualan mencakup kiat-kiat untuk : (Kotler, dikutip dalam Pratistie, 2007)

1. Promosi konsumen
Bertujuan dalam upaya untuk mendorong pembelian unit-unit yang berukuran lebih besar, menciptakan pengujian produk diantara non-pemakai dan menarik orang untuk beralih dari merek pesaing. Promosi ini dilakukan melalui pemberian sampel, kupon, penawaran pengembalian uang, potongan harga, hadiah, percobaan gratis, garansi, promosi silang, serta demontrasi.

2. Promosi perdagangan
Bertujuan dalam upaya untuk membujuk penjual untuk menjual jenis produk baru dan mempunyai tingkat persediaan yang lebih tinggi, mendorong pembelian diluar musim, mengimbangi promosi pesaing dan memperoleh pintu masuk ke gerai-gerai eceran baru. Promosi ini dilakukan melalui pemberian potongan harga, tunjangan iklan dan pajangan, serta barang gratis.

3. Promosi bisnis dan wiraniaga
Bertujuan dalam upaya untuk mendorong dukungan terhadap produk baru dan mendorong pencarian calon pelanggan yang lebih banyak. Promosi ini dilakukan melalui pameran dan konvensi perdagangan, kontes wiraniaga serta iklan khusus.


0 comments:

Post a Comment