Periklanan
adalah semua bentuk penyajian dan promosi ide, barang atau jasa secara
non-personal yang dilakukan oleh perusahaan sponsor tertentu (Kotler. 2000).
Iklan
adalah bentuk komunikasi tidak langsung, yang didasari pada informasi
tentang keunggulan atau keuntungan suatu produk, yang disusun sedemikian rupa sehingga menimbulkan rasa menyenangkan yang akan mengubah pikiran seseorang untuk melakukan pembelian (maharani, 2005).
tentang keunggulan atau keuntungan suatu produk, yang disusun sedemikian rupa sehingga menimbulkan rasa menyenangkan yang akan mengubah pikiran seseorang untuk melakukan pembelian (maharani, 2005).
Fungsi-fungsi periklanan adalah :
a. Memberikan informasi
Periklanan memberikan informasi tentang keunggulan mengenai produk yang ditawarkan guna menciptakan permintaan atas produk tersebut.
b. Membujuk
Periklanan bersifat membujuk konsumen agar dapat menciptakan permintaan
c. Menciptakan kesan ( image )
Periklanan menciptakan kesan tertentu tentang apa yang telah diiklankan.
d. Memuaskan keinginan
Periklanan merupakan suatu alat untuk mencapai tujuan, dan tujuan itu sendiri berupa pertukaran yang saling memuaskan.
e. Alat informasi
Perikalan merupakan alat untuk membuka komunikasi dua arah antara penjual dan pembeli.
Pengertian Periklanan dan Fungsi Periklanan