Lingkungan Pemasaran adalah lingkungan perusahaan yang terdiri dari pelaku dan kekuatan di luar pemasaran yang mempengaruhi kemampuan manajemen pemasaran untuk membangun dan mempertahankan hubungan yang berhasil dengan pelanggan sasaran. Perusahaan harus terus melakukan pengamatan secara terus menerus dan beradaptasi dengan lingkungan yang bersifat kompleks dan terus berubah-ubah. Dengan mempelajari lingkungan, perusahaan dapat menyesuaikan strategi perusahaan untuk memenuhi tantangan dan peluang pasar yang baru.
1.
Lingkungan
Internal
Lingkungan internal adalah
kegiatan-kegiatan internal perusahaan yang dapat dikendalikan. Artinya, untuk
mencapai tujuan dan menjalankan strategi pemasaran, pemasar mampu melakukan
pengendalian atau pengaturan atas operasi kegiatan-kegiatan tersebut seperti
yang dikehendaki perusahaan. Lingkungan internal bersifat universal meliputi
keseluruhan fungsi-fungsi yang dilakukan oleh setiap bisnis.
Lingkungan
Internal Pemasaran :
- Product
- Price
- Promotion
- Place
2.
Lingkungan Eksternal
Lingkungan eksternal kegiatan pemasaran adalah
pengaruh – pengaruh tidak langsung yang berada di luar kekuasaan atau
kendali pemasar. Pengaruh – pengaruh tersebut akan memaksa pemasar untuk
menyesuaikan arah dan strateginya agar tetap survive dilingkungannya. Lingkungan
eksternal dibagi menjadi dua jenis yakni
lingkungan eksternal mikro dan lingkungan eksternal makro.
1.
Lingkungan Eksternal Mikro Perusahaan
Lingkungan eksternal yang langsung
berpengaruh terhadap kegiatan pemasaran adalah lingkungan eksternal mikro.
Lingkungan
luar mikro meliputi :
a. Pemasok
Pemasok membentuk hubungan penting dalam keseluruhan system penghantar nilai perusahaan. Pemasok menyediakan sumber daya yang diperlukan oleh perusahaan untuk menghasilkan barang dan jasanya. Masalah pemasok sangat mempengaruhi pemasaran karena apabila pemasok masalah akan mengurangi penjualan perusahaan dan mengurangi nilai kepuasan pelanggan
b. Perantara
Pemasaran
Perantara pemasaran membantu
perusahaan mempromosikan, menjual, dan mendistribusikan produknya ke pembeli
akhir. Perantara pemasaran meliputi penjual perantara, perusahaan distribusi
fisik, agen jasa pemasaran, dan perantara keuangan.
- Penjual perantara adalah perusahaan saluran distribusi yang membantu perusahaan menemukan pelanggan atau melakukan penjualan untuk perusahaan. Penjual perantara diliputi pedagang grosir dan pengecer.
- Perusahaan distribusi fisik membantu perusahaan menyimpan dan memindahkan barang-barang perusahaan dari titik asalnya ke tempat tujuan.
- Agen jasa pemasaran adalah firma riset pemasaran, agen periklanan, perusahaan media, dan firma konsultan pemasaran yang membantu perusahaan menetapkan target dan mempromosikan produk perusahaan pada pasar secara tepat.
- Agen jasa pemasaran adalah firma riset pemasaran, agen periklanan, perusahaan media, dan firma konsultan pemasaran yang membantu perusahaan menetapkan target dan mempromosikan produk perusahaan pada pasar secara tepat.
c. Pelanggan
Perusahaan harus mempelajari lima jenis pasar pelanggan secara lebih dekat:
- Pasar Konsumen terdiri dari perorangan dan keluarga yang membelibarang dan jasa untuk konsumsi pribadi.
- Pasar Bisnis membeli barang dan jasa untuk pemrosesan lebih lanjut atau untuk digunakan dalam proses produksi perusahaan.
- Pasar Penjual Perantara membeli barang dan jasa untuk dijual kembali demi mendapatkan laba.
- Pasar Pemerintah terdiri dari badan-badan pemerintah yang membeli barang dan jasa untuk menghasilkan pelayanan umum.
- Pasar Internasional terdiri dari para pembeli di negara lain, termasuk konsumen, produsen, penjual perantara, dan pemerintah.
d. Pesaing
Konsep pemasaran yang berhasil apabila perusahaan dapat menyediakan nilai dan kepuasan pelanggan yang lebih besar daripada pesaing. Oleh karena itu, perusahaan harus menyesuaikan pemasaran dengan kebutuhan konsumen sasaran. Perusahaan juga harus memiliki strategi penawaran yang lebih kuat dari penawaran pesaing dalam pikiran konsumen.
2. Lingkungan Eksternal Makro Perusahaan
Lingkungan Makro perusahaan merupakan
kekuatan social yang lebih besar yang mempengaruhi lingkungan mikro perusahaan.
Terimakasih informasinya
ReplyDeleteIzin share
ReplyDelete