Humdiana (2005) mendefinisikan
kesadaran merek sebagai kesanggupan seorang calon pembeli untuk mengenali atau
mengingat kembali bahwa suatu merek merupakan bagian dari kategori produk
tertentu.
Piramida Kesadaran Merek
Sumber: David A.Aaker, 1997
a. Top of mind
Adalah
merek yang disebutkan pertama kali oleh konsumen atau yang pertama kali muncul
dalam benak konsumen. Dengan kata lain, merek tersebut merupakan merek utama
dari berbagai merek yang ada dalam benak konsumen.
b. Brand recall
Yaitu pengingatan kembali
merek secara spontan tanpa adanya bantuan (unaided recall).
c. Brand recognition
Adalah tingkat minimal dari kesadaran
merek dimana pengenalan suatu merek mucul lagi setelah dilakukan pengingatan
kembali lewat bantuan (aided recall)
Adalah tingkat paling rendah
dalam piramida kesadaran merek dimana kosumen tidak menyadari adanya suatu
merek walaupun sudah dilakukan pengingatan kembali lewat bantuan (aided
recall).
Mengungkapkan bahwa tingkat kesadaran konsumen terhadap suatu
merek dapat ditingkatkan melalui berbagai upaya berikut:
a.
Suatu merek harus dapat menyampaikan pesan yang mudah diingat oleh konsumen.
b.
Pesan yang disampaikan harus berbeda dibandingkan merek lainnya. Selain itu,
pesan yang disampaikan harus memiliki hubungan dengan merek dan kategori
produknya.
c. Perusahaan disarankan memakai jingle lagu dan slogan
yang menarik agar merek lebih mudah diingat oleh konsumen.
d.
Simbol yang digunakan perusahaan sebaiknya memiliki hubungan dengan mereknya.
e.
Perusahaan dapat menggunakan merek untuk melakukan perluasan produk, sehingga
merek tersebut akan semakin diingat oleh konsumen.
f.
Perusahaan dapat memperkuat kesadaran merek melalui suatu isyarat yang sesuai
dengan kategori produk, merek, atau keduanya.
g.
Membentuk ingatan dalam pikiran konsumen akan lebih sulit dibandingkan dengan
memperkenalkan suatu produk baru, sehingga perusahaan harus selalu melakukan
pengulangan untuk meningkatkan ingatan konsumen tehadap merek.
daftar pustaka nya tlong kasih bos
ReplyDelete