Variabel-variabel
dalam bauran promosi adalah :
1. Periklanan (Advertising )
Periklanan
adalah semua bentuk penyajian dan promosi ide, barang atau jasa secara
non-personal yang diilakukan oleh perusahaan sponsor tertentu
(Kotler. 2000)
(Kotler. 2000)
2. Promosi Penjualan ( Sales Promotion )
Promosi
penjualan adalah berbagai insentif jangka pendek untuk mendorong keinginan
mencoba atau membeli suatu produk atau jasa secara lebih cepat dan atau lebih
besar oleh konsumen atau pedagang. Berbagai alat promosi penjualan seperti
sampel, kupon, hadiah, bonus, garansi produk, dan lain-lain.
3. Publisitas atau Hubungan Masyarakat ( Public Relation )
Publisitas
adalah berbagai program untuk mempromosikan dan/atau melindungi citra
perusahaan atau masing-masing produknya.
Pengertian
publisitas dan hubungan masyarakat menurut William J. Stanton:
“publisitas
adalah sejumlah informasi tentang seseorang, barang, atau organisasi yang disebarluaskan
ke masyarakat melalui media tanpa dipungut biaya, atau tanpa pengawasan dari
sponsor.”
4. Penjualan Personal ( Personal Selling )
Pengertian
personal selling menurut kotler yaitu :“
personal selling adalah interaksi
tatap muka dengan satu atau beberapa calon pembeli dengan maksud untuk
melakukan presentasi, menjawab pertanyaan, dan memperoleh pemesanan.”
5. Pemasaran Langsung ( Direct Marketing )
Direct Marketing Assosiation (DMA)
mendefinisikan pemasaran langsung yang dikutip oleh Pratistie sebagai berikut :
“Pemasaran
langsung adalah sistem pemasaran interaktif yang menggunakan satu atau lebih
media iklan untuk menghasilkan tanggapan dan/atau transaksi yang dapat diukur
pada suatu lokasi.”
Variabel-variabel dalam Bauran Promosi