Wednesday, September 25, 2013

Variabel-variabel dalam Bauran Promosi


Variabel-variabel dalam bauran promosi adalah :
          1. Periklanan (Advertising )
Periklanan adalah semua bentuk penyajian dan promosi ide, barang atau jasa secara non-personal yang diilakukan oleh perusahaan sponsor tertentu
(Kotler. 2000)

2. Promosi Penjualan ( Sales Promotion )

Promosi penjualan adalah berbagai insentif jangka pendek untuk mendorong keinginan mencoba atau membeli suatu produk atau jasa secara lebih cepat dan atau lebih besar oleh konsumen atau pedagang. Berbagai alat promosi penjualan seperti sampel, kupon, hadiah, bonus, garansi produk, dan lain-lain.
   
3. Publisitas atau Hubungan Masyarakat ( Public Relation )
Publisitas adalah berbagai program untuk mempromosikan dan/atau melindungi citra perusahaan atau masing-masing produknya.  
Pengertian publisitas dan hubungan masyarakat menurut William J. Stanton:
“publisitas adalah sejumlah informasi tentang seseorang, barang, atau organisasi yang disebarluaskan ke masyarakat melalui media tanpa dipungut biaya, atau tanpa pengawasan dari sponsor.” 

 4. Penjualan Personal ( Personal Selling )
Pengertian personal selling menurut kotler yaitu :“ personal selling adalah interaksi tatap muka dengan satu atau beberapa calon pembeli dengan maksud untuk melakukan presentasi, menjawab pertanyaan, dan memperoleh pemesanan.”  

5. Pemasaran Langsung ( Direct Marketing )
Direct Marketing Assosiation (DMA) mendefinisikan pemasaran langsung yang dikutip oleh Pratistie sebagai berikut :
“Pemasaran langsung adalah sistem pemasaran interaktif yang menggunakan satu atau lebih media iklan untuk menghasilkan tanggapan dan/atau transaksi yang dapat diukur pada suatu lokasi.”

0 comments:

Post a Comment