Menurut Tjipono, Promosi
pada hakekatnya adalah suatu komunikasi pemasaran, artinya aktifitas pemasaran
yang berusaha menyebarkan informasi, mempengaruhi/membujuk, dan atau
mengingatkan pasar sasaran atas perusahaan dan produknya
agar bersedia menerima, membeli dan loyal pada produk yang ditawarkan perusahaan yang bersangkutan. Promosi merupakan salah satu komponen dalam total bauran pemasaran (marketing mix).
agar bersedia menerima, membeli dan loyal pada produk yang ditawarkan perusahaan yang bersangkutan. Promosi merupakan salah satu komponen dalam total bauran pemasaran (marketing mix).
Tujuan utama dalam
melakukan kegiatan promosi adalah :
1. Memodifikasi
tingkah laku
Yaitu
berusaha mengubah tingkah laku dan pendapat konsumen, dengan berusaha
menciptakan kesan baik tentang dirinya sehingga dapat mendorong pembelian.
2. Memberitahu
Yaitu kegiatan yang ditujukan untuk
memberitahukan informasi yang positif kepada konsumen mengenai penawaran
perusahaan.
3. Membujuk
Yaitu
memberi pengaruh untuk mendorong konsumen melakukan pembelian
4. Mengingatkan
Yaitu
mengingatkan konsumen agar perusahaan dapat mempertahankan konsumen yang telah
ada.
Pengertian Promosi, Tujuan Promosi