Konsep produksi merupakan salah satu konsep tertua dalam bisnis. Konsep produksi menyatakan bahwa konsumen akan menyukai produk yang tersedia di banyak tempat dan murah harganya. Manajer organisasi yang berorientasi produksi memusatkan perhatian pada usaha-usaha untuk mencapai efisiensi produksi yang tinggi dan distribusi yang luas.
Asumsi bahwa konsumen terutama tertarik pada kemudahan mendapatkan
produk dan harga yang rendah berlaku paling tidak dalam dua situasi.
Pertama adalah jika permintaan atas produk melebihi penawaran, seperti
yang ada di Negara berkembang. Dalam situsi ini, konsumen lebih tertarik
untuk mendapatkan produk daripada keistimewaan produk tersebut, dan
pemasok akan memusatkan perhatian pada usaha untuk menigkatkan produksi.
Situasi kedua adalah ketika biaya produksi tinggi dan harus diturunkan
untuk memperluas pasar.
Beberapa organisasi jasa juga menerapkan konsep produksi. Banyak
praktek dokter dan dokter gigi dikelola dengan prinsip lini perakitan,
seperti juga beberapa agen pemerintah (seperti kantor tenaga kerja dan
biro lisensi). Memang, orientasi manejemen ini dapat manangani banyak
kasus perjam, namun konsep ini sering dituding tidak ramah dan
memberikan pelayanan yang buruk.
Pengertian Konsep Produksi