Saluran
internet adalah saluran terbaru untuk berkomunikasi dan menjual secara langsung
ke pelanggan. Internet juga menyediakan peluang kepada pemasar dan konsumen untuk
interaksi dan individualisasi yang jauh lebih besar.
Alat-alat pemasaran interaktif antara lain situs Web, situs mikro, iklan pencari, iklan tampilan, iklan antara, iklan dan video khusus internet, pemberian sponsor, aliansi internet, komunitas online, e-mail, dan pemasaran mobile.
Alat-alat pemasaran interaktif antara lain situs Web, situs mikro, iklan pencari, iklan tampilan, iklan antara, iklan dan video khusus internet, pemberian sponsor, aliansi internet, komunitas online, e-mail, dan pemasaran mobile.
Keunggulan
pemasaran interaktif adalah sebagai berikut : (Kotler, 2009)
- Perusahaan dapat mengirimkan pesan khusus yang melibatkan konsumen dengan mencerminkan minat dan perilaku khusus mereka.
- Internet dapat diandalkan dan pengaruhnya dapat ditelusuri dengan mudah
- Pengiklan dapat mengukur respon dengan segera dengan memerhatikan berapa banyak pengunjung berbeda yang mengklik laman atau iklan, berapa lama mereka menghabiskan waktu, dan kemana mereka pergi setelah itu.
- Menempatkan iklan berdasarkan kata kunci dimesin pencari, ketika masyarakat benar-benar memulai proses pembelian
- Sangat efektif untuk menjangkau masyarakat sepanjang hari
- Sebagian besar pengguna media online adalah pelanggan berpendapatan tinggi dan pendidikan tinggi melebihi televisi.
Pemasaran Interaktif