Bauran Pemasaran (Marketing Mix) adalah
seperangkat alat pemasaran yang digunakan perusahaan untuk terus menerus
mencapai tujuan pemasarannya di pasar sasaran. Bauran Pemasaran meliputi produk
(product), harga (price), tempat (place), dan promosi (promotion)
(Kotler, 2009).
(Kotler, 2009).
1.
Produk (Product)
Produk adalah apapun yang bisa ditawarkan
ke sebuah pasar dan bisa memuaskan sebuah keinginan atau kebutuhan.
2. Harga
(price)
Harga adalah suatu nilai tukar yang bisa disamakan dengan uang atau barang lain untuk manfaat yang diperoleh dari
suatu barang atau jasa bagi seseorang atau kelompok pada waktu tertentu dan
tempat tertentu
3. Distribusi
(Distribution)
Distribusi juga dapat diartikan sebagai kegiatan
pemasaran yang berusaha memperlancar dan mempermudah penyampaian barang dan
jasa dari produsen kepada konsumen, sehingga penggunaannya sesuai dengan yang
diperlukan (jenis, jumlah, harga, tempat, dan saat dibutuhkan). Seorang atau
sebuah perusahaan distributor adalah perantara yang menyalurkan produk dari pabrikan (manufacturer) ke pengecer (retailer).
4. Promosi
(Promotion)
Promosi adalah upaya untuk memberitahukan atau menawarkan
produk atau jasa pada dengan tujuan menarik calon konsumen untuk membeli atau mengkonsumsinya.
Bauran pemasaran