Definisi pemasaran menurut American Marketing Associations yang
dikutip oleh Philip Kotler (2009) sebagai berikut :
“Pemasaran adalah
suatu proses perencanaan dan
pelaksanaan pemikiran, penetapan harga, promosi, serta penyaluran gagasan, barang, dan jasa untuk menciptakan pertukaran yang memenuhi sasaran-sasaran individu dan organisasi.”
pelaksanaan pemikiran, penetapan harga, promosi, serta penyaluran gagasan, barang, dan jasa untuk menciptakan pertukaran yang memenuhi sasaran-sasaran individu dan organisasi.”
Selain itu
terdapat pengertian menurut beberapa ahli :
1. Philip
Kotler
“Pemasaran
adalah suatu proses sosial dan manajerial yang didalamnya individu dan kelompok
mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan,
menawarkan, dan mempertukarkan produk yang bernilai dengan pihak lain.”
2. Alex
S. Nitisemito
“Pemasaran
adalah semua kegiatan yang bertujuan untuk memperlancar arus barang/jasa dari
produsen ke konsumen secara paling efisian dengan maksud untuk menciptakan
permintaan efektif.”
3. William
J.Stanton
“Pemasaran
merpakan suatu sistem keseluruhan dari kegiatan usaha yang ditujukan untuk
merencanakan, menentukan harga, mempromosikan, dan mendistribusikan barang dan
jasa yang memuaskan kebutuhan baik kepada pembeli yang ada mapun kepada pembeli
potensial.”
Dari
pengertian diatas dapat diketahui bahwa manajemen pemasaran adalah seni dan
ilmu yang bertujuan untuk mendapatkan, menjaga dan menambah jumlah pelanggan
serta memastikan distribusi suatu barang/jasa mencapai konsumen dengan baik.
Tujuan utama pemasaran adalah untuk menarik pelanggan baru dan mempertahankan
pelanggan yang sudah ada dengan cara memberikan nilai dan kepuasan kepada
pelanggan.
Pengertian Pemasaran