Monday, September 30, 2013

Pengertian Pemasaran


            Definisi pemasaran menurut American Marketing Associations yang dikutip oleh Philip Kotler (2009) sebagai berikut :
“Pemasaran adalah suatu proses perencanaan dan
pelaksanaan pemikiran, penetapan harga, promosi, serta penyaluran gagasan, barang, dan jasa untuk menciptakan pertukaran yang memenuhi sasaran-sasaran individu dan organisasi.”

Selain itu terdapat pengertian menurut beberapa ahli :
1.      Philip Kotler
“Pemasaran adalah suatu proses sosial dan manajerial yang didalamnya individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan, menawarkan, dan mempertukarkan produk yang bernilai dengan pihak lain.”
2.      Alex S. Nitisemito
“Pemasaran adalah semua kegiatan yang bertujuan untuk memperlancar arus barang/jasa dari produsen ke konsumen secara paling efisian dengan maksud untuk menciptakan permintaan efektif.”
3.      William J.Stanton
“Pemasaran merpakan suatu sistem keseluruhan dari kegiatan usaha yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan, dan mendistribusikan barang dan jasa yang memuaskan kebutuhan baik kepada pembeli yang ada mapun kepada pembeli potensial.”

Dari pengertian diatas dapat diketahui bahwa manajemen pemasaran adalah seni dan ilmu yang bertujuan untuk mendapatkan, menjaga dan menambah jumlah pelanggan serta memastikan distribusi suatu barang/jasa mencapai konsumen dengan baik. Tujuan utama pemasaran adalah untuk menarik pelanggan baru dan mempertahankan pelanggan yang sudah ada dengan cara memberikan nilai dan kepuasan kepada pelanggan.

0 comments:

Post a Comment